Muharram, Ahmad Yasir (2022) Pendidikan Ibadah Di Masa Pra-Akil Balig Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Beribadah Siswa Di SDIT Al Mughni Kuningan Timur Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2022-AHMAD YASIR MUHARRAM-2019.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Ibadah Masa Pra-Akil Balig Pada Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Beribadah Siswa SDIT Al Mughni Kuningan Timur Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksripsi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi,
dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitan ini menunjukkan bahwa. Pertama, dalam pandangan guru PAI di SDIT Al Mughni Kuningan Timur Jakarta Selatan, pendidikan pra-akil balig untuk meningkatkan tanggung jawab beribadah siswa memiliki urgensi yang sangat penting guna memberikan bekal kepada siswa dari sedini mungkin. Dalam pendidikan pra-akil balig tidak hanya diajarkan tentang definisi akil balig dan tanda-tandanya saja. Melainkan juga diajarkan tentang tentang tugas-tugas yang sudah menjadi kewajiban, tentang hal-hal yang harus dilakukan pada saat akil balig dan juga keyakinan bahwa akil balig adalah awal mula dimulainya tanggung jawab syariat di dalam Islam. Langkah-langkah pendidikan pra-akil balig di SDIT Al Mughni
Kuningan Timur Jakarta Selatan dilakukan dengan empat langkah: Pertama, pengenalan; Kedua, praktik; Ketiga, implementasi dan Keempat adalah pengawasan. Terdapat bentuk-bentuk kebijakan yang dipersiapkan oleh sekolah melalui kegiatan-kegiatan Islami diantaranya: kelas tahfizh, solat zuhur berjamaah, solat dhuha, peringatan hari-hari besar Islam, pakaian muslim, infaq jumat, penyediaan sarana ibadah. Upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SDIT Al Mughni Kuningan Timur Jakarta Selatan, juga melibatkan peran guru PAI dalam bentuk: 1) Pembelajaran di kelas melalui mata pelajaran Dirosah. 2) Melalui program keputrian di luar kelas, bagi siswa laki-laki dikelompokkan secara khusus. 3) Program reguler sekolah dengan bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu seperti psikolog untuk memberikan informasi dan penyuluhan seputar pendidikan akil balig. Pendidikan pra akil balig dalam pembelajaran PAI yang dilaksanakan di SDIT Al Mughni Kuningan Timur Jakarta Selatan telah membawa dampak yang besar terhadap perubahan sikap siswa dan juga berpengaruh terhadap perilaku ibadah dan pengetahuan tentang keagamaan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 04:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 04:30 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1295 |