Abidah, Anik (2020) Implementasi Metode Islamic Montessori dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Tk Islamic Montessori Al Hamidiyah Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-ANIK ABIDAH-2018.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Metode penelitian pada tulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Tulisan ini memperlihatkan bahwa peningkatan mutu pembelajaran dengan metode Islamic Montessori di sekolah TK Islamic Montessori Al Hamidiyah Depok dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan metode Islamic Montessori, sekolah tersebut berfokus pada tiga hal yaitu kurikulum yang terintegrasi antara metode Montessori dengan kurikulum 2013 dan muatan lokal agama, tenaga pendidik dan kependidikan yang professional, dan sarana dan prasarana yang baik dan memadai. Dengan demikian mutu pembelajaran di TK Islamic Montessori Al Hamidiyah Depok mengarah pada proses pembelajaran yang aktif, efektif, dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3. Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36. Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.21. Pendidikan Pra Sekolah |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 07:45 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 07:45 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/136 |