Munfarokhah, Ida Royani (2020) Neurosains dalam Mengembangkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik SD Islam Al-Azhar BSD. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-IDA ROYANI MUNFAROKHAH NIM-2017.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Neurosains dalam mengembangkan kecerdasan intelektual peserta didik sangat penting untuk diketahui oleh semua guru. Karena, struktur sistem saraf mendasari tindakan manusia baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik agar guru lebih mudah dalam mengembangkan kecerdasan intelektual melalui metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mencari informasi terkait dengan neurosains dalam mengembangkan potensi kecerdasan peserta didik di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode phenomenology. Untuk meneliti tujuan tersebut peneliti melakukan interview kepada 5 guru kelas sebagai informan inti dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi atau pengamatan, dan juga melakukan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa neurosains dapat mengembangkan kecerdasan intelektual peserta didik Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai. Hal ini ditunjukkan dengan peserta didik yang lebih antusias mengikuti pembelajaran, peserta didik aktif bertanya, lebih berfikir divergen, dan juga memiliki motivasi belajar yang tinggi selama proses pembelajaran. Sehingga, peserta didik mampu belajar tanpa paksaan, dengan sungguh-sungguh, dan pembelajaran berlangsung menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 153. Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.9. Kecerdasan dan Bakat 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 03:37 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 03:37 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/142 |