repository ptiq

Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al-Qur'an

Fadjar, Dien Nurmarina Malik (2020) Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al-Qur'an. Doctoral thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al-Qur'an] Text (Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al-Qur'an)
2020-DIEN NURMARINA MALIK FADJAR-2016.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kesimpulan disertasi ini adalah bahwa pembinaan guru profesional berbasis Al-Qur‟an mengusung paradigma konstruktivisme humanisme teosentris. Hal ini berdasarkan deskripsi tentang pembinaan profesionalisme guru dalam orientasi spiritual, kepribadian, skill, kualitas, dan kompetensi guru yang diperkuat dengan percontohan Rasulullah sebagai guru dengan term qudwah (QS. Al Ahzab 33:21) dan uswah hasanah (QS. Ali Imran 3:31) dalam Al-Qur‟an.
Disertasi ini juga menemukan beberapa hal terkait: 1) Etika kepribadian guru yang meliputi pribadi guru yang diantaranya, rabbani, ikhlas, sabar, tenang, tawadhu, zuhud, benar, tegas, adil, menyenangkan, efektif, efisien, dan penuh syukur; 2) Skill guru yang meliputi, hard skills, soft skills, dan life skills; 3) Kualitas guru yang meliputi rasa misi (sense of mission), empatik, dan kepemimpinan; 4) Kompetensi guru yang meliputi, pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, kreatif, kolaboratif, komunikatif, berpikir kritis, dan belas kasih (compassion). Namun, pembinaan guru profesional perlu memperhatikan terlebih dahulu proses seleksi SDM guru.
Pembinaan guru profesional berbasis Al-Qur‟an yang diujikan pada Pusat diklat Nasional Guru „Aisyiyah di Jakarta yang diteliti menggunakan teknik purposive sampling dalam non propability sampling, menunjukkan peningkatan aspek penunjang profesionalisme guru yang muncul pada beberapa indikator yaitu: literasi, komunikasi, dan inisiatif. Selain itu, pembinaan tersebut juga memberikan pijakan bagi guru untuk menjadi lebih matang dalam berpikir dan bertindak, sehingga dengan meningkatnya kemampuan literasi (QS. Al Alaq 96:1), komunikasi (QS Lukman 31:19), dan inisiatif (An-Najm 53:39, 40, dan 41), maka guru mampu memposisikan dirinya sebagai sumber belajar yang lebih progresif bagi peserta didik (QS. Al-Mujadalah 58:11). Lebih dari itu, efektivitas upaya ini perlu didukung dengan pemenuhan kesejahteraan guru (QS. Al Baqarah 168 dan172).
Konsep Pembinaan guru profesional berbasis Al-Qur‟an ini mempunyai persamaan pendapat dengan dengan Ibnu Sina (930-1037 M), Lev Vigotsky (1896-1934 M), Achmadi (2008) Al Nahlawi (1977 M), Hilda Taba (1962 M), yang menyatakan bahwa pembinaan guru yang bermutu perlu (kurikulum dan pendekatan pembelajaran) yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik.
Disertasi ini memiliki perbedaan pandangan dengan Tyler (1949 M) tentang kurikulum dengan pendekatan administrator yaitu menekankan pada tujuan, evaluasi, dan kontrol. Pendekatan ini mungkin sempurna, untuk pendidikan yang berorientasi pasar, tetapi tidak memadai untuk pengembangan individu yang bertanggung jawab dan kreatif serta mampu memenuhi tantangan perubahan. Freud (1859-1963 M) yang meyakini bahwa manusia memiliki sedikit pilihan atau tidak memiliki pilihan sama sekali dalam membentuk kepribadian mereka. (Skinner (1904-1990 M) meyakini strategi reward dan punishment dalam memodifikasi perilaku dalam pendidikan.
Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan campuran antara desain metode penelitian pengembangan RnD. Dikombinasikan dengan data kualitatif dari sumber penelitian literatur. Sedangkan yang berkenaan dengan kajian Al-Qur‟an digunakan metode tematik tafsir al-Maudhu'i. Metode ini dapat mengkaji dengan lebih komprehensif mengenai pembinaan guru profesional dalam prinsip-prinsip Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.12. Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Program Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 02 Sep 2021 14:25
Last Modified: 02 Sep 2021 14:25
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item
View Item