repository ptiq

Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Mts N Pamulang, Tangerang Selatan)

Efendi, Nur (2020) Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Mts N Pamulang, Tangerang Selatan). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Mts N Pamulang, Tangerang Selatan)] Text (Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Mts N Pamulang, Tangerang Selatan))
2020-NUR EFENDI-2015.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode survey, dengan teknik korelasi dan analisis regresi sederhana dan ganda.Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan sampel jenuh, dengan jumlah responden 144 responden pada MTs N Pamulang, Tangerang Selatan.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, dokumentasi dan interview.Teknik analisis data yang digunakan model analisis deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan ganda.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama; terdapat pengaruh yang positif dansignifikan antara pengelolaan kelas dengan prestasi siswa di MTsN 1 Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruah (ry.1) sebesar 0,712 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel pengelolaan kelas (X1) dan variabel prestasi siswa (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karna nilai ry.1 mendekati +1 (positif satu), harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,507, yang berarti bahwa pengelolaan kelas dapat memberikan pengaruh sebesar 50,7 % terhadap prestasi siswa dan sisanya yaitu 49,3% ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan garis regresinya Ŷ =37,393+0,585X1. Dengan demikian apabila pengaruh pengelolaan kelas (X1) naik satu unit skor maka a prestasi siswa akan naik sebesar 37,98. Kedua;terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi disiplin siswa dengan prestasi siswa di MTsN 1 Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruah (ry.1) sebesar 0,386 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel disiplin siswa (X2) dan variabel Prestasi siswa (Y) memiliki korelasi linier positif yang lemah karna nilai ry.1 tidak mendekati +1 (positif satu), harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,149, yang berarti bahwa Disiplin siswa dapat memberikan pengaruh sebesar 14,9 % terhadap prestasi siswa dan sisanya yaitu 85.1 % ditentukan oleh faktor lainnya. Persaman garis regresinya Ŷ=73.732+0,176X2. Dengan demikian apabila pengaruh disiplin siswa (X2) naik satu unit skor maka prestasi siswa akan naik sebesar 73.90.Ketiga; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dan disiplin siswa dengan prestasi siswa di MTsN 1 Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi atau kekuatan pengaruah (Ry.1.2) sebesar 0,741 pada tarap kepercayaan α = 0,01 yang berarti pasangan data variabel pengelolaan kelas (X1),disiplin siswa (X2) dan variabel prestasi siswa (Y) memiliki korelasi linier positif yang kuat karna nilai ry.1 mendekati +1 (positif satu), harga koefisisen determinasi atau besarnya pengaruh R square sebesar 0,550, yang berarti bahwa pengelolaan kelas dan disiplin siswa dapat memberikan pengaruh sebesar 55 % secara bersama-sama terhadap prestasi siswa dan sisanya yaitu 45 % ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan garis regresinya Ŷ=34,126 + 0,538 X1 + 0,098 X2. Dengan demikian apabila pengaruh pengelolaan kelas (X1) dan disiplin siswa (X2) naik satu unit skor secara bersama-sama maka prestasi siswa(Y) akan naik sebesar 34,76.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.3205. Disiplin Sekolah
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3. Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:57
Last Modified: 03 Sep 2021 03:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item
View Item