repository ptiq

Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang

Sari, Windy Dian (2019) Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang] Text (Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang)
2019-WINDY DIAN SARI-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data- data empirik terkait pengaruh persepsi faktor rasional dan emosional terhadap kepuasan orangtua siswa di SDIT Lentera Ilmu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu orang tua siswa SDIT Lentera Ilmu. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 85 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang djabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi faktor rasional terhadap kepuasan orang tua siswa. Hal ini dapat di lihat dari koefisien korelasi (r) sebesar 0,591 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2)R square sebesar 34,9%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 25,058 + 0,795X1,yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor persepsi faktor rasional (X1) akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan orang tua siswa (Y) sebesar 0,795.
Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi faktor emosional terhadap kepuasan orang tua siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,639 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2) R square sebesar 40,8%. Persamaan regresi Ŷ = 50,089 + 0,653X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor persepsi faktor emosional akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan orang tua siswa (Y) sebesar 0,653.
Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi faktor rasional dan persepsi faktor emosional secara simultan terhadap kepuasan orang tua siswa. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,693 sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 48 %. Persamaan regresi Ŷ = 12,269+0,444X1 +0,456X2yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor persepsi faktor rasional (X1)dan persepsi faktor emosional (X2) secara bersama-sama, akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan orang tua siswa (Y) sebesar 0,900.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 306. Kebudayaan & Pranata > 306.874. Orang Tua
300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:34
Last Modified: 03 Sep 2021 07:34
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item