Ghozali, Ahmad (2019) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V Dan Kelas VI SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-AHMAD GHOZALI-2016.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter secara terpisah maupun simultan. Dalam peneh'tian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh ri obyek penelitian yaitu para siswa di SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 58 responden dari 165 populasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi, serta dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil pembentukan karakter siswa SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefzsien korelasi (r) terlalu lemah variabel pola asuh orang tua (X1) dengan variabel pembentukan karakter (Y) d1 peroleh nilai Pearson correlation (ryl) yaitu 0 216 pada taraf kepercayaan 99% (a = 0 0,1) sedangkan besamya pengaruh atau koetisien detenninasi R2 (R square)= 0 ,047, yang berarti bahwa pola asuh orang tua memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter hanya 9. 45 % dan sisanya yaitu 90. 5 % ditentukan oleh faktor lainya. Sedangkan untuk arah pengaruh regresi sederhana Y150. 266 + 0,288 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pola asuh orang tua akan mempengaruhi peningkatan skor pembentukan karakter sebesar 0,195.
Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil pembentukan karakter siswa SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai kowsien variabel lingkungan sekolah (X2) dengan pembentukan karakter (Y) diperoleh nilai Pearson correlation (ryz) sebesar 0,123, pada taraf kepercayaan 99% (a = 0,,01) sedangkan besamya pengaruh atau koefisien determinasi R2 (R square)= 0,015, yang beram bahwa lingkungan belaj ar memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter sebesar 9.609 % dan sisanya yaitu 90.4 % ditentukan oleh faktor lainya. Sedangkan untuk arah pengaruh regresi sederhana Y = 133.768 + 0,147X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor lingkungan belajar akan mempengaruhi peningkatan skor pcmbentukan karakter sebesar 0,123.
Ketiga. terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah sccara bcrsama-sama tcrhadap basil pembentukan karakter siswa SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang, Hal im’ dibuktikan dengan hasil nilai koefnsien korelasi scbesar 0,183, pada taraf kepercayaan 99% (a = 0,01), sedangkan besarnya pengaruh atau koeflsien determinasi R2(R square)-0,062, atau 9.641 % dan sisanya yaitu 90.5 % ditentukan oleh faktor lainya. Adapun pengaruh persamaan arah regresi Y = 128.000 + 0,289X1 + 0,149X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah secara bersama-sama, akan mempengaruhi peningkatan skor pembentukan karakter sebesar 0,183.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X6. Sosial dan Budaya Islam > 2X6.1. Masyarakat Islam > 2X6.14. Perubahan Sosial > 2X6.141. Faktor yang Berpengaruh > 2X6.1411. Lingkungan 300. Ilmu Sosial > 306. Kebudayaan & Pranata > 306.874. Orang Tua 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 08:21 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 08:21 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/164 |