repository ptiq

Peran Komite Sekolah dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDIT Islamicity Kota Tangerang

Sabila, Ilma (2024) Peran Komite Sekolah dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDIT Islamicity Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-ILMA SABILA-2022.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas peran Komite Sekolah dalam menunjang mutu pembelajaran di SDIT Islamicity Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya ketidaksesuaian signifikan antara teori mengenai peran komite dan praktik nyata yang dilaksanakan. Kegiatan yang dilakukan oleh komite lebih berfokus pada penguatan aspek sosial, seperti acara buka puasa bersama, seminar pra-baligh, dan program-program yang bertujuan untuk mempererat kebersamaan di komunitas. Meskipun penting untuk membangun solidaritas, fokus ini mengakibatkan kurangnya kontribusi terhadap pencapaian mutu pembelajaran. Selain itu, komite memiliki peran penting dalam mengembangkan sumber daya dan fasilitas sekolah yang masih kurang. Untuk mencapai standar pendidikan yang lebih baik, diperlukan analisis aspek yang perlu diperbaiki dan pertemuan dengan pihak sekolah untuk mendiskusikan kebutuhan pembelajaran. Komite juga disarankan untuk merancang kegiatan baru seperti pelatihan guru dan workshop untuk orang tua, serta mengawasi dan mengevaluasi proses pembelajaran. Dengan melaksanakan kegiatan yang lebih selaras dengan peran komite, diharapkan lingkungan pembelajaran yang lebih baik dapat tercipta, sehingga peserta didik dapat mencapai potensi terbaik dalam pendidikan.

Kata Kunci: Komite, Peran, Mutu Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kamir Kamir
Date Deposited: 22 Oct 2025 12:31
Last Modified: 22 Oct 2025 12:31
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item
View Item