repository ptiq

Pengaruh Adversity Quotient dan Spiritual Quotient terhadap kinerja Guru di SD Al-Azhar 46 Grand Depok City, Kota Depok

Muztaba, Muztaba (2019) Pengaruh Adversity Quotient dan Spiritual Quotient terhadap kinerja Guru di SD Al-Azhar 46 Grand Depok City, Kota Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Adversity Quotient dan Spiritual Quotient terhadap kinerja Guru di SD Al-Azhar 46 Grand Depok City, Kota Depok] Text (Pengaruh Adversity Quotient dan Spiritual Quotient terhadap kinerja Guru di SD Al-Azhar 46 Grand Depok City, Kota Depok)
2019-MUZTABA-2016.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik mengenai pengaruhadversity quotient dan spiritual quotientterhadapkinerja guru SD Al-Azhar, Kota Depok secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru SD Al-Azhar 46 Kota Depok. Sampel penelitian ini adalah guru di Sd Al-Azhar sebanyak 76 responden guru SD Al-Azhar 46 dari total 96 populasi pada tahun ajaran 2019-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah :
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotientdengan spiritual quotientguru di SD Al-Azhar 46 Kota Depok dengan koefisien korelasi (r)sebesar 0,663 dan koefisien determinasi (R2) 43,9%. Persamaan regresi Ŷ = 10,03 + 0,73X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poinadversity quotient(X1) akan diikuti peningkatankinerja guru SD Al-Azhar 46 (Y) sebesar 0,073 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signfikan antara spiritual quotient dengankinerja guru Sd Al-Azhar 46 Kota Depokdengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,766 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 58,6%. Bentuk pengaruhditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 39,67+ 0,68X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin spiritual quotient (X2) akan diikuti peningkatankinerja guru SD Al-Azhar 46 Kota Depok(Y) sebesar 0,68 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotientdenganspiritual quotient. Koefisien korelasi sebesar 0,803 sedangkan koefisien determinasi sebesar 64,5%. Bentuk pengaruh ditunjukkan oleh persamaan regresi Ŷ =79,71+1,00X. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin adversity quotient akan diikuti peningkatan spiritual quotientsebesar 1,00poin.
Keempat, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotientdan spiritual quotient secara bersama-sama (simultan) dengan kinerja guru di SD Al-Azhar 46 Kota Depok. Koefisien korelasi sebesar 0,770 sedangkan koefisien determinasi sebesar 59,3%. Bentuk pengaruh ditunjukkan oleh persamaan regresi Ŷ = 36,606 + 0,15X1 + 0,585X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin adversity quotient (X1) dan spiritual quotient (X2) secara bersama-sama akan diikuti peningkatan kinerja guru SD Al-Azhar 46 Kota Depok (Y) sebesar 0,153poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:15
Last Modified: 15 Sep 2021 07:15
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item