Muthohharoh, Nur Millah (2019) Pengaruh Kegiatan Tasmi’ dan Kedisiplinan Guru terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur`An Studi Kasus pada Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-NUR MILLAH MUTHOHHAROH-2016.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan populasi penelitian adalah siswa MI Mumtaza Islamic School, Pondok Cabe, Tangerang Selatan dengan sampel 103 orang. Dimulai dari uji coba variabel terhadap 30 orang. Instrumen pengumpulan data ketiga variabel penelitian menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan software SPSS Statistik korelasi dan regresi sederhana maupun ganda pada taraf kepercayaan α = 0,5 dan 0,01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara kegiatan tasmi’ terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an siswa dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,167 pada tingkat kepercayaan 99% (α = 0.01), sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,028.
Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan tasmi’ dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an siswa sebesar 2,8%. Artinya semakin tinggi kegiatan tasmi’ maka kualitas hafalan Al-Qur`an siswa semakin tinggi pula. Sebaliknya semakin rendah kegiatan tasmi’ maka kualitas hafalan Al- Qur`an siswa semakin rendah pula. (2) Terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an siswa dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,012 pada tingkat kepercayaan 99% (α = 0.01), sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan guru dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an siswa sebesar 1%. Artinya semakin kedisiplinan guru maka kualitas hafalan Al-Qur`an siswa semakin tinggi pula. Sebaliknya semakin rendah kedisiplinan guru maka kualitas hafalan Al-Qur`an siswa semakin rendah pula. (3) Terdapat pengaruh antara kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan guru terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an siswa dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,167 pada tingkat kepercayaan 99% (α = 0.01), sedangkan besarnya pengaruh koefisien determinasi R-square sebesar 0,28%, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan guru dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas hafalan Al-Qur`an siswa sebesar 2,8%. Dengan
demikian bahwa semakin tinggi kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan guru maka kualitas hafalan Al-Qur`an siswa semakin tinggi pula. Sebaliknya semakin rendah kegiatan tasmi’ dan kedisiplinan guru maka kualitas hafalan Al-Qur`an siswa semakin rendah pula.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:49 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:49 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/214 |