repository ptiq

Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Siswa

Hidayat, Hendra (2016) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Siswa. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Siswa] Text (Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Siswa)
2016-HENDRA HIDAYAT-2013.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiric mengenai pengaruh perhatian orang tua dan metode mengajar guru terhadap prestasi siswa secara terpisah maupun bersama-sama. Dalam penelitian ini, digunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Siswa SMP Islam Terpadu Miftahul Ulum Kota Depok. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 90 responden siswa dari total 116 populasi pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Terdapat pengaruh positif walaupun kurang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,006 yang terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,006 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,265 dan koefisien determinasi (R2) 7%. Persamaan regresi Ŷ = 64,563 + 0,149X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin Perhatian Orang Tua (X1) akan diikuti kenaikan Prestasi Siswa (Y) sebesar 0,149 poin. Kedua, Terdapat pengaruh positif walaupun kurang signifikan metode mengajar guru terhadap prestasi siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,322 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 10%. Persamaan regresi Ŷ = 59,039 + 0,186X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin Metode Mengajar Guru (X2) akan diikuti kenaikan Prestasi Siswa (Y) sebesar 0,186 poin. Ketiga, Terdapat pengaruh positif walaupun kurang signifikan perhatian orang tua dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi siswa di SMPIT Miftahul Ulum Kota Depok yang ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,003 lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05). Koefisien korelasi sebesar 0,353 sedangkan koefisien determinasi sebesar 12,55%. Bentuk pengaruh ditunjukkan oleh persamaan regresi Ŷ = 53,656+0,089X1+ 0,148X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin Perhatian Orang Tua (X1) dan Metode Mengajar Guru (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikkan Prestasi Siswa (Y) sebesar 0,237 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3. Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:13
Last Modified: 22 Oct 2021 03:13
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item
View Item