repository ptiq

Pengaruh Penerapan Program Sekolah Adiwiyata dan Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Karakter Siswa (Studi Analisis Kuantitatif di SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong Kabupaten Bogor)

Hakim, Abdul (2021) Pengaruh Penerapan Program Sekolah Adiwiyata dan Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Karakter Siswa (Studi Analisis Kuantitatif di SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong Kabupaten Bogor). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Program Sekolah Adiwiyata dan Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Karakter Siswa (Studi Analisis Kuantitatif di SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong Kabupaten Bogor)] Text (Pengaruh Penerapan Program Sekolah Adiwiyata dan Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Karakter Siswa (Studi Analisis Kuantitatif di SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong Kabupaten Bogor))
2021-ABDUL HAKIM-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan program sekolah Adiwiyata dan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap karakter siswa, baik secara parsial/sendiri-sendiri maupun secara simultan/bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 27 Cibinong Kabupaten Bogor, sejumlah 88 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variable penerapan program sekolah Adiwiyata terhadap karakter siswa berdasarkan hasil uji t parsial, yang menunjukkan bahwa hasil perhitungan (thitung) adalah 2,694 dan t pada tabel (ttabel) adalah 1,988 (thitung = 2,694 > ttabel = 1,988) dan nilai signifikansi 0,009 < dari probabilitas 0,05/5%. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,102, yang berarti bahwa penerapan program sekolah Adiwiyata memberikan pengaruh terhadap karakter siswa sebesar 10,2%. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 98,219 + 0,295 X1. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor penerapan program sekolah Adiwiyata, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor karakter siswa sebesar 98,514.
Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap karakter siswa berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda, yang menunjukkan bahwa t hasil perhitungan (thitung) adalah 2,755 dan t pada tabel (ttabel) adalah 1.988 (thitung = 2,755 > ttabel = 1,988) dan nilai signifikansi 0,007 < dari probabilitas 0,05/5%. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,105 yang berarti bahwa model kepemimpinan transformasional kepala sekolah memberikan pengaruh terhadap karakter siswa sebesar 10,5%. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 97,192 + 0,265 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor model kepemimpinan transformasional kepala sekolah, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor karakter siswa sebesar 97,457.
Ketiga, terdapat pengaruh penerapan program sekolah Adiwiyata dan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara simultan atau bersama-sama terhadap karakter siswa berdasarkan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda, yang menunjukkan nilai F hitung 9,030 lebih besar dari pada nilai F tabel 3,110 (Fhit = 9,030 > Ftab = 3,110) dan nilai signifikansi (Sig) 0,000 < probability 0.05. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,175 yang berarti bahwa penerapan program sekolah Adiwiyata dan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama atau simultan memberikan pengaruh terhadap karakter siswa sebesar 17,5%. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda, yang menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 74,270 + 0,250 X1 + 0,226 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor penerapan program sekolah Adiwiyata dan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersamasama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan karakter siswa, sebesar 74,746.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 25 Nov 2021 08:12
Last Modified: 25 Nov 2021 08:12
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item
View Item