Aliyah, Nurlia (2021) Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan Al-Qur’an Di SDIT Buahati Islamic School 2 Jakarta Timur. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021-NURLIA ALIYAH-2018.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang manajemen penjaminan mutu pendidikan Al-Qur’an di SDIT Buahati Islamic School 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Manajemen penjaminan mutu pendidikan yang diterapkan di SDIT Buahati Islamic School 2 menunjukkan adanya tiga langkah dalam menentukan mutu. Pertama adanya perencanaan mutu pembelajaran Al- Qur’an dengan menentukan tujuan, standar, dan target pembelajaran Al-Qur’an. Kedua, pengendalian mutu yaitu mengidentifikasi masalah-masalah, kemudian dilakukan perbaikan secara berkelanjutan. Ketiga, peningkatan mutu yaitu dengan dibentuknya sumber daya dan kegiatan yang mendukung proyek mutu dan mempertahankannya. Tesis ini menemukan bahwa SDIT Buahati Islamic School menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) dengan pendekatan total quality manajemen (TQM). Dua model manajemen penjaminan mutu tersebut menjadikan SDIT Buahati Islamic School 2 memiliki peluang yang besar dalam mengelola pembelajaran Al-Qur’an yang berkualitas. Namun penelitian ini menemukan adanya kekurangan sekolah dalam menerapkan manajemen mutu tersebut khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an. Seperti dalam penentuan target lulusan, pelanggan tidak dilibatkan akan tetapi semua ditentukan oleh manajemen. Selain itu adanya kekurangan guru dalam penerapan standar pembelajaran yang ditentukan oleh sekolah. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi tentang pentingnya tercapainya mutu yang telah ditentukan. Kesimpulan tesis ini menunjukkan adanya penerapan teori yang digunakan oleh Joseph M. Juran dengan triloginya. Pertama, perencanaan mutu yaitu menentukan mutu berdasarkan harapan pelanggan. Perencanaan mutu melibatkan pelanggan dari data yang dikumpulkan. Kedua, pengendalian kualitas yaitu membandingkan output sekolah, apakah telah sesuai dengan harapan pelanggan atau belum. Jika ditemukan kekurangan maka dilakukan perbaikan. Ketiga, peningkatan mutu yaitu mempertahankan mekanisme yang sudah mapan, melakukan perbaikan, memberikan pelatihan, dan menemukan pemecahan masalah dalam mencapai target.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 18 Dec 2021 05:55 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 05:55 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/448 |