Bahri, Saeful (2020) Hubungan Karakter Psikologis Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Empirik Kuantitatif Pada Peserta Didik Paket B PKBM Mandiri An-Nuur Depok Jawa Barat). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-SAEFUL BAHRI-2017.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakter psikologis dan motivasi berprestasi dengan prestasi peserta didik prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI, baik secara parsial/sendiri-sendiri maupun secara simultan/bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket dan tes. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan korelasi parsial sederhana dan ganda serta uji regresi sederhana dan ganda. Sampel pada penelitian ini peserta didik paket B (PKBM) Mandiri An-Nuur Kota Depok, Jawa Barat, sejumlah 93 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara karakter psikologis dengan prestasi belajar peserta didik pada matapelajaran PAI dengan koefisien korelasi sederhana Pearson correlation (ρy1) adalah 0,737 (korelasi kuat), dan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, dengan besarnya kontribusi karakter psikologis terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI (Y) sebesar 54.4% dan arah hubungannya menunjukkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 42.871 + 0,356 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor karakter psikologis akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skor prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI sebesar 43,227. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan koefisien korelasi sederhana Pearson correlation (ρy2) adalah 0,702 (korelasi kuat), dan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, dengan besarnya kontribusi motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI (Y) sebesar 49.3% dan arah hubungannya menunjukkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 45.458 + 0.333 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi berprestasi akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skor prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sebesar 45,79. Ketiga, terdapat hubungan positif dan kuat serta signifikan antara karakter psikologis (X1) dan motivasi berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI (Y), dengan koefisien korelasi sederhana Pearson correlation (Ry1.2) adalah 0,756 (korelasi kuat), dan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, dengan besarnya kontribusi karakter psikologi dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI (Y) sebesar 57.2% dan arah hubungannya menunjukkan persamaan regresi linier berganda yaitu Ŷ = 39.967 + 0.239X1 + 0.140X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor karakter psikologis dan motivasi berprestasi secara bersama-sama, akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skor prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI sebesar 40,346.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 18 Dec 2021 07:46 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 07:46 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/449 |