repository ptiq

Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara Jakarta Selatan

Amiruddin, Muh. (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara Jakarta Selatan] Text (Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara Jakarta Selatan)
2021-MUH. AMIRUDDIN-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membuktikan bahwa Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islam dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik dilakukan dengan metode pembiasaan, nasihat, cerita, dialog, karya wisata, hukuman dan hadiah, dengan pendekatan transformasi, transaksi dan transinteranalisasi. Kesimpulan dari tesis ini adalah sejalan dengan teori pembentukan kepribadian konvergensi, Wiliam Stern yang menyatakan bahwa pembentukan kepribadian peserta didik dipengaruhi faktor intenal dan eksternal, sejalan dengan pendapat wiliam Stern, maka pembentukan kepribadian peserta didik dilakukan melalaui pembiasaan dan keteladan dalam diri guru, kepala sekolah, karywan dan semua stakeholder dilingkungan sekolah dengan demikin akan terbentuk kepribadian dalam jiwa peserta didik dengan berlandaskan nilai-nilai spiritual Islam yang kemudian hari menjadi panutan dan teladan dilingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar Rahman Petukangan Utara Jakarta Selatan, sejak bulan Oktober sampai bulan November 2019. Sumber utama tesis ini adalah observasi lapangan dan dokumentasi tertulis berupa kurikulum dan perangkat pembelajaran. Selanjutnya dalam memperoleh data dilakukan dengan cara wawancara mendalam tak terstruktur. Kemudian data yang beragam tersebut dianalisis melalui pendekatan dengan menggunakan metode.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:02
Last Modified: 15 Feb 2022 03:02
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item
View Item