repository ptiq

Pola Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Pondok Aren Tangerang Selatan

Saihu, Made (2021) Pola Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Pondok Aren Tangerang Selatan. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 4 (1). ISSN 2685-1148

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 12.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang pola Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Madrasah Ibtidaiyah AL-Husna Pondok Aren Tangerang Selatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, selama Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu mulai pada bulan Maret 2020 sampai dengan Agustus 2020. Implementasi pola gerakan sekolah menyenangkan di lembaga ini melalui: 1) Learning Environment; 2) Pedagogical Practice; 3) Character Development; 4) School Connectedness, meski dalam tataran tertentu keempat prinsip ini tidak berjalan secara maksimal, tetapi melalui empat prinsip ini peserta didik memiliki ruang aktivitas fisik dan emosi, interaksi yang hangat, dan saling menghargai dalam kegiatan belajar, sehingga siswa merasa aman dan percaya diri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa GSM dapat membangun lingkungan pembelajaran yang positif secara fisik dan sosial, mengutamakan model pembelajaran yang mendorong siswa bereksplorasi, berkreasi, dan berpikir kritis, memantik perkembangan karakter baik siswa melalui lingkungan dan model pembelajaran, mendorong pelibatan semua pihak terutama wali murid dan masyarakat dalam menyukseskan proses pendidikan. Penelitian menyajikan sebuah pola penyelenggaraan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus menciptakan peserta didik agar mampu membaca zaman dan memahami persoalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 24 Nov 2022 09:00
Last Modified: 11 Jan 2023 09:07
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item
View Item