repository ptiq

Pendidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurcholish Madjid

Saihu, Made (2021) Pendidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurcholish Madjid. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3 (1). ISSN 2716-098X

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 15.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kajian ini membahas tentang terminologi Islam Wasathiyah menurut Nurcholis Madjid dan relevansinya dengan Surat Al-Baqarah ayat 143. Kajian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersumber dari karya-karya Nurcholis Madjid sebagai tokoh yang diteliti, maupun sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian tentang Islam Wasathiyah. Studi ini menegaskan bahwa Islam wasathiyah perspektif Nurkholis Madjid adalah Islam yang universal. Sebagai salah satu peletak ide Islam moderat di Indonesia, gagasannya tentang pluralism, toleransi, modernisasi menjadi rujukan di Indonesia bahkan dunia sebenarnya terambil terminologi Ummatan Wasthan dalam Surat Al-Baqarah ayat 143. Menurutnya Islam wasathiyah adalah sebuah model keberaga-maan yang selalu mengejewantahkan keselamatan, keadilan, kedamaian, yang bersendikan pada nilai-nilai tauhid dan sifat dasar kemanusiaan yang tidak saja berpatokan pada iman, ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pemahaman aspek sosial sehingga kesuksesan dan kejayaan dan peradaban Islam dapat tercipta. Konsepsi ini merupakan substansi dari Surat Al Baqarah ayat 143 menegaskan bahwa umat Islam sebagai umat pertengahan (ummatan wasathan). Meski universalitas Islam telah disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 143, tetapi banyak diantara umat Islam memiliki pandangan yang sempit bahkan eksklusif. Pentingnya kajian ini adalah untuk meneguhkan kembali universalitas Islam dan kedewasaan dalam beragama. Sebuah cara pandang inklusif untuk peradaban dunia.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 24 Nov 2022 09:39
Last Modified: 11 Jan 2023 09:14
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item
View Item