repository ptiq

Etika Komunikasi dalam Pendidikan Melalui Kerangka Teori Teacher Engagement (Studi di Smk Puspita Persada Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020)

Saihu, Made (2021) Etika Komunikasi dalam Pendidikan Melalui Kerangka Teori Teacher Engagement (Studi di Smk Puspita Persada Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2). ISSN 2581-1754

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 29.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian ini membahas tentang etika komunikasi dalam dunia pendidikan melalui kerangka teori teacher engagement (keterlibatan) yang melibatkan pendidik dan peserta didik di SMK Puspita Persada Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan selama bulan Desember 2019 sampai Februari 2020 atau dalam masa Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Melalui kerangka teori Teacher Engagement, studi ini menegaskan pentingnya keterlibatan pendidik dalam memantau seluruh aktivitas peserta didik, tidak saja yang dalam ranah kognitif, afektif, tetapi juga psikomotor. Meski dalam implementasinya memiliki beberapa kendala, tetapi pihak sekolah melakukan berbagai kegiatan yang dapat menjadi solusi atas kekurangan tersebut, seperti rapat mingguan, supervisi, pelatihan dan pembinaan, serta dengan melakukan kajian keagamaan yang tentu saja terkait dengan aktivitas pendidikan. Kajian memperlihatkan bahwa etika komunikasi melalui Teacher Engagement berkontribusi menumbuhkan integritas pendidik di SMK Puspita Persada sekaligus dapat menumbuhkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada diri peserta didik. Di sini pendidik melakukan komunikasi edukatif tidak saja didasarkan pada tugas yang diberikan, tetapi lebih kepada pemahaman akan sisi kemanusiaan. Hal yang sama juga dilakukan oleh peserta didik, melalui keterlibatan para pendidik, peserta didik merasa selalu ter-proteksi dan terbimbing dalam setiap aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Ada proses edukatif stimulatif yang mendorong peserta didik untuk selalu berkembang. Sebuah perspektif yang mendudukkan etika dalam keterlibatan komunikasi dengan peserta didik di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 26 Nov 2022 02:41
Last Modified: 11 Jan 2023 09:30
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item
View Item