repository ptiq

Intensifikasi Kecerdasan Emosional Anak Introvert Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pendidikan Dasar

Saihu, Made (2022) Intensifikasi Kecerdasan Emosional Anak Introvert Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pendidikan Dasar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (3). ISSN 2581-1754

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 32.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif, mampu meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini yang introvert. Peningkatan kecerdasan emosi anak introver melalui pembelajaran kooperatif di lakukan dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centre approach), strategi pembelajaran kolaboratif (collaborative strategy), metode diskusi kelompok, teknik bermain peran (role playing), mencairkan suasana (ice breaking), dan dengan taktik ceramah, keteladanan, serta kartu bergambar (flash card). Penelitian ini dilakukan di TK B, TK Islam Al-Azkar, Lebak Bulus Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta, sejak bulan April 2020 sampai dengan bulan Oktober 2020. Sumber utama dalam tulisan ini adalah observasi lapangan dan dokumentasi tertulis berupa kurikulum dan perangkat pembelajaran. Selanjutnya dalam memperoleh sejumlah data dilakukan dengan wawancara mendalam (in depth interview) tak terstruktur yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan fieldwork dan metode content analyisis. Meski dalam operasionalisasinya peran guru sangat signifikan, tetapi tidak pihak lembaga pendidikan tidak menapikan peran orangtua dalam setiap aktivitas pembelajaran. Orangtua berfungsi sebagai education collaborator dalam implementasi model pembelajaran kooperatif untuk memaksimalkan kecerdasan emosional anak introvert. Sebuah model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama dalam dunia pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 26 Nov 2022 02:47
Last Modified: 11 Jan 2023 09:33
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item
View Item