repository ptiq

Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an

Sarnoto, Ahmad Zain (2012) Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an. PROFESI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 1 (2). ISSN 2797-0701

[thumbnail of Hasil Cek Plagiarism] Text (Hasil Cek Plagiarism)
23 Hasil Cek Plagiarism.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, yang ingin dicari adalah bagaimana konsepsi (pengertian, pendapat,rancangan) Al-Qur’an tentang profil pendidik (guru/dosen) dalam proses Pendidikan, hadirnya sosok pendidik berpangaruh dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. pendidik yang professional adalah mereka yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial. Islam sebagai agama yang sempurna dengan kitab sucinya Al-Qur’an telah memberikan banyak petunjuk arah dalam kehidupan, tidak saja sebagai pedoman bagaimana cara beribadah, namun Al-Qur’an juga hadir memberikan arah petunjuk bagaimana menjalankan proses Pendidikan dengan daya dukung pendidik (guru/dosen). Dalam Al-Qur’an terdapat beberapa isyarat yang memberikan gambaran tentang sosok pendidik yang ideal dan professional.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan mengambil rujukan beberapa kitab tafsir.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa sosok pendidik prosesional dalam Al-Qur’an terdapat dalam beberapa surat pada ayat-ayatnya yang memberikan gambaran pendidik yang ideal dan professional perspektif Al-Qur’an

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Dec 2022 04:44
Last Modified: 04 Dec 2022 04:44
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item
View Item