repository ptiq

Implementasi Metode Toha Dalam mengatasi learning Loss Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Di SDIT Insan Mandiri Kalisari, Jakarta Timur

Prayudhi, Dicky Ahmad (2022) Implementasi Metode Toha Dalam mengatasi learning Loss Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Di SDIT Insan Mandiri Kalisari, Jakarta Timur. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-DICKY AHMAD PRAYUDHI-2019.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Implementasi Metode Toha Dalam Mengatasi Learning Loss Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mandiri Kalisari Jakarta Timur?; (2) Apa faktor pendukung dan penghambat keberhasilan penerapan metode toha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mandiri Kalisari Jakarta Timur?; (3) Bagaimana dampak implementasi metode toha dalam meningkatkan kualitas dan kemajuan tahsin dan tahfidz peserta didik?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan implementasi, solusi learning loss, dan dampak implementasi pembelajaran tahsin dan tahfidz dengan metode toha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mandiri Kalisari Jakarta Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Teknik penyajian data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data, wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran tahsin dan tahfidz dengan metode toha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mandiri Kalisari Jakarta Timur terdiri dari empat tahapan yaitu mendengarkan, mengikuti, melatih, dan mutqin. Pertama mendengarkan yaitu Di tahapan ini guru membacakan perbaris sebanyak 4 baris. Kedua mengikuti, meliputi Peserta didik mengikuti bacaan guru Perbaris sebanyak 4 baris. Ketiga melatih, Peserta didik membaca mandiri 1 halaman guru menyimak dan melatihnya. Dan keempat, Guru Menunjuk acak memastikan bacaan sudah bisa LANJUT (Lancar Jelas Kuat).
Dampak implementasi metode toha dalam meningkatkan kualitas dan kemajuan tahsin dan tahfidz peserta didik di sekolah dasar islam terpadu insan mandiri kalisari meliputi bacaan peserta didik menjadi lebih baik, mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid, hafalan peserta didik meningkat, peserta didik lebih fokus dalam menghafal, mempunyai kepribadian percaya diri, terbiasa membaca hafalan di depan orang banyak.
Adapun hasil dalam penelitian ini adalah strategi manajemen metode toha dalam mengatasi learning loss berupa tahapan persiapan serta perencanaan, tahap pelaksanaan, dan hasil dari strategi manajemen metode toha dalam mengatasi learning loss pembelajaran tahsin dan tahfidz di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mandiri Kalisari Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 Feb 2023 08:19
Last Modified: 04 Feb 2023 08:19
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item
View Item