Sidqie, Firdaus Farhana (2023) Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur`An Dalam Pemenuhan Standardisasi Evaluasi Eksternal Di Riung Huffazh Indonesia Bekasi, Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-FIRDAUS FARHANA SIDQIE-2020.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan standar evaluasi eksternal, pengelolaan pembelajaran Al-Qur`an dan hasil belajar pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh. Dan dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa:
Standar evaluasi eksternal di Riung Huffazh Indonesia terdiri dari kualitas guru, sarana prasarana, proses belajar dan hasil belajar, kualitas guru yang baik dibuktikan dengan kelulusan ujian tashih dan telah mengikuti serttifikasi guru metode ummi, sarana dan prasarana yang dimaksud di sini ialah telah memiliki buku jilid ummi dan alat peraga, standar proses belajar terdiri dari tujuh tahapan yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan keterampilan, evaluasi dan penutup sedangkan hasil belajar peserta didik sudah memiliki keterampilan sesuai kompetensi yang terdapat di modul metode ummi, maka dalam hal ini dalam standar evaluasi eksternal, evaluasi dilakukan bukan hanya saat sesi akhir pembelajaran atau akhir program saja tetapi ada ujian kenaikan jilid setelah peserta didik menyelesaikan jilidnya.
Pengelolaan pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya ialah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.
Perencanaan program pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh Indonesia sudah di rencanakan oleh lembaga bersama kordinator unit, jadi guru hanya tinggal mengikuti perencanaan pembelajaran yang sudah di buat oleh lembaga. Sedangkan perencanaan pembelajaran sehari-hari dilakukan oleh setiap pengajar secara mandiri dan fleksibel menyesuaikan kondisi dan keluangan waktu masing-masing.
Pengorganisasian program pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh Indonesia dimulai dengan mempelajari makhroj dan sifat huruf, kemudian dilanjutkan ke jilid ummi dari jilid 1-6 yang disertai dengan pembahasan tajwid dasar disetiap jilidnya, setelah itu belajar ghoribul Qur`an, dan pra tashih untuk persiapan ujian baik ujian internal maupun ujian eksternal.
Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur`an di riung Huffazh Indonesia memiliki tujuh tahapan pembelajaran yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan keterampilan, evaluasi dan penutup.
Evaluasi pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh Indonesia memiliki beberapa tahapan yaitu evaluasi akhir pembelajaran yang dilaksanakan setiap sesi akhir kegiatan belajar mengajar, dan evaluasi akhir program yang terdiri dari tes tulis dan tes lisan.
Hasil belajar pembelajaran Al-Qur`an di Riung Huffazh masih berfokus pada ranah kognitif saja, belum menyentuh aspek lain seperti afektif dan psikomotorik. Para ranah kognitif peserta didik mengalami peningkatan dalam kualitas bacaan walaupun jika di ukur dengan jumlah kelulusan peserta didik pada saat mengikuti ujian tashih masih belum bisa diukur dengan jelas karena ujian tashih sudah tidak dilaksanakan terpusat lagi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 26 Feb 2023 02:49 |
Last Modified: | 26 Feb 2023 02:49 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/935 |