Hasani, Ahmad Rifqi (2019) Pembentukan Budaya Ahl Al-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-AHMAD RIFQI HASANI-2016.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran yang rinci dan jelas tentang pembentukan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor, dan juga bertujuan untuk mengetahui penerapan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah yang menjadi pembiasaan serta untuk memahami kendala dan solusi pembentukan budaya Ahl As- Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif – fenomonologis, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai fokus penelitian.
Hasil dari penelitian ini dipaparkan dan diberi kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong ada sejak berdirinya sekolah tersebut. Bahkan, ciri khas dari SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor adalah mewujudkan tujuan utamanya, yaitu membentengi nilai-nilai Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah, mengawal budaya-budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di kalangan masyarakat Nahdliyyin dan membentengi siswa dari banyaknya paham-paham atau aliran-aliran yang muncul di kalangan masyarakat saat ini.
Kemudian yang berhubungan dengan bentuk-bentuk budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di lingkungan SD Plus Daarul Fudlola CibinogBogor dilakukan dengan dua tahapan, yaitu: (1) tahapan proses pembelajarankurikulum pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Qiraati Tahfidz yang diintegrasikan muatan Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah dengan pendampingan guru-guru yang telah ditentukan dan sesuai bidangnya. (2) tahapan pembiasaan yang dilakukan sehari-hari semenjak awal hingga pulang sekolah, juga yang dilakukan dalam kegiatan yang bersifat mingguan, bulanan, peringatan hari-hari besar Islam/Nasional dan kegiatan lainnya yang bersifat insidental.
Pembentukan budaya Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah di SD Plus Daarul Fudlola Cibinong Bogor mengalami kendala ketika administrasi guru tidaklengkap, guru malas hadir ketika mengikuti atau mendampingi implementasi kegiatan Ahl As-Sunnah Wa Al-Jama’ah, dan peran orang tua dalam membiasakan anak-anaknya ketika di rumah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X6. Sosial dan Budaya Islam 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 04 Sep 2021 07:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2021 07:18 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/175 |