repository ptiq

Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur’an Berdasarkan Imam ‘Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah di Sekolah Dasar Islam Plus Al-Madinah Kota Tangerang

Sulaeman, Dede (2019) Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur’an Berdasarkan Imam ‘Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah di Sekolah Dasar Islam Plus Al-Madinah Kota Tangerang. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur’an Berdasarkan Imam ‘Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah di Sekolah Dasar Islam Plus Al-Madinah Kota Tangerang] Text (Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur’an Berdasarkan Imam ‘Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah di Sekolah Dasar Islam Plus Al-Madinah Kota Tangerang)
2019-DEDE SULAEMAN-2017.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur’an Berdasarkan Imam, Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah. Teknik pengumpulan data pada penelitain ini banyak kepada yang bersifat purposif sampling, penelitian yang cenderung memiliki informasi yang dapat mewakili untuk menjadi sumber data. Setelah ditemukan beberapa data yang diinginkan, baik dari hasil penelitian observasi, interview, maupun dokumentasi, maka peneliti akan menganalisa temuan yang ada dan memodifikasi teori yang ada, dari hasil penelitian tentang Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur‟an berdasarkan Imam’Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah di Sekolah Dasar Islam Plus Al-Madinah Kota Tangerang. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama. Mengukur peserta didik yang sesuai dengan Efektivitas Pembelajaran Bacaan Al-Qur’an Berdasarkan Imam’Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy-Syathibiyyah SDIP Al-Madinah Kota Tangerang bahwa: Mudah bagi peserta didik untuk memahami bacaan Al-Qur’an Riwayat Hafsh ‘An’Ashim Thariq Asy-Syathibiyyah, Peserta didik mampu memahami bacaan Al-Qur’an berdasarkan Imam’Ashim Riwayat Hafsh Thariq Asy- Syathibiyyah dan ada dukungan dari orang tua, meningkatnya prestasi Peserta didik.
Kedua, Hasil dari pembelajaran Al-Qur’an cukup baik, terlihat dari adanya peningkatan dalam membaca Al-Qur’an dari peserta didik dan semakin tingginya semangat peserta didik untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan Metode Talaqi dan Tasmi’ yang diterapkan oleh guru di SDIP Al- Madinah Kota Tangerang, sudah sangat baik dilihat dari observasi dan wawancara dengan guru maupun dengan peserta didik, dan dilihat dari prestasi yang telah didapatkan oleh Peserta didik itu sendiri dalam hal lomba-lomba Tahfizh dan Murrotal yang telah ikut serta dan mendapatkan juara.
Ketiga, Faktor yang mendukung dalam pembelajaran bacaan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Plus Al-Madinah antara lain: Sarana prasarana di SDIP Al-Madinah sangat lengkap dilihat dari faktor observasi dan wawancara, Sekolah menyediakan Media pembelajaran bacaan Al-Qur’an agar tercapainya target yang diinginkan contoh media yang ada dikelas adalah Infokus atau proyektor, papan tulis, spidol, buku panduan bahkan sekolah memberikan Al-Qur’an perindividu agar menghafalkan Al-Qur’an lebih mudah dan tidak diganti-ganti karena ketika Al-Qur’an diganti maka
penempatan ayat berbeda-beda akan tetapi jika cetakannya juz’amma berbeda, cetakan Indonesia berbeda dan cetakan Timur Tengah juga berbeda-beda maka dari itu sekolah memberikan Al-Qur’an tersebut, Guru SDIP Al- Madinah Kota Tangerang memang bagus karena ketika KBM berlangsung peserta didik melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sedangkan faktor yang menghambat dalam pembelajaran bacaan Al- Qur’an di SDIP Al-Madinah Kota Tangerang antara lain: Ada sebagian kecil Peserta didik SDIP Al-Madinah Kota Tangerang bacaan Al-Qur’annya kurang lancar, Hafalan Al-Qur’an peserta didik belum mencapai target yang diinginkan pihak sekolah dan sebagian kecil Peserta didik belum menguasai kaidah-kaidah ilmu tajwid sehingga Panjang pendek hukum bacaan Al- Qur’annya masih belum sempurna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3. Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36. Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 07 Sep 2021 05:00
Last Modified: 07 Sep 2021 05:00
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item
View Item